F My favourite bus Greyhound PD4501 Scenicruiser - Devrysegee

My favourite bus Greyhound PD4501 Scenicruiser


Scenicruiser adalah nama dan merek dagang terdaftar oleh Greyhound Perusahaan AKAP yang digunakan di Amerika Serikat. dengan pembuat bus adalah dari GM ( general motor ) Corporation dan  pertama kalinya merilis variant GX-2 juni 1949. Scenicruiser pd4501 atau yang biasa disebut GM GX-2 adalah produk dari GMC truck and Coach (T & C) Divisi General Motors (GM) Corporation. GM memegang hak paten pada desain bus scenicruiser.

Greyhound pertama kali membeli dan menggunakan bus scenicruiser pada tahun  1954,  untuk kebutuhan bus pariwisata dan bus AKAP.


Greyhound Super Scenicruiser
bus Scenicruiser PD4501 GX-2 memiliki desain yang unik dan ekslusif, meskipun beberapa rival lainnya berhasil meniru dan mencontoh desain tersebut. namun scenicruiser berhasil menjadi bus yang paling populer dan paling dikenal di AS, dan masih tetap sebagai cultural icon di negara AS.

Bus Scenicruiser PD4501 GX-2 merupakan varian kelanjutan dari GX- 1, yang biasanya disebut dengan sebutan highway traveller., Greyhound memberi nama itu dengan sebutan Scenicruiser atau juga yang disebut Prototype GX-2 oleh GM yang dibuat, design bus scenicruiser dibuat oleh seorang yang bernama Raymond Loewy, bersama perusahaan lainnya. ( T & C, yang memasok beberapa komponen pada bus scenicruiser, dan tim engginer dari GM  ( general Motor )


Interior Half deck
Bus Scenicruiser GX -2 memiliki total 43 seat dengan 10 seat di deck bawah dan 33 seat di atas deck. ini bukan tipe double decker sperti variant GX-1 ( Highway Traveller ), melainkan tipe half deck, tetapi fungsi dari masing deck tersebut sama seperti bus pada umumnya dengan tata letak wc yang terdapat pada deck bawah. sebelah kiri dari arah depan bus. 


Dimensi PD 4501
Scenicruiser GX 2 memiliki dimensi , dengan panjang 12.192 mm, Tinggi 3.505 mm, Lebar 2438 mm, memiliki overhang depan dengan jarak 1752 mm, dan overhang belakang 2590 mm, dek bawah memiliki panjang 3352 mm.

Designation PD 4501
arti penamaan pada bus scenicruiser pd 4501 GX-2
P / Parlor sebuah istilah yg didapat pada divisi industri kereta api yg disebut ruang yang dapat bergerak, dari satu wilayah ke wilayah lain. P bisa disebut intercity atau antarkota.
D / diesel. karena bus scenicruiser bermesin diesel.
45 / menunjukan jumlah seat pada bus scenicruiser, jumlah seat awal sebelum ada bagian wc adalah 45 seat, 
01 / adalah desain atau model pertama pada seri scenicruiser 4500




Problem solve dan Repowering the scenicruiser 
awalnya pada tahun 1954, Bus Greyhound Scenicruiser PD4501 ini memiliki mesin ganda yaitu mesin GMC. 2 4.7L (281 ci) GM 4-71 I4 diesel dan membuat bus ini sering bermasalah ketika melaju cepat, masalah pada mesin dan bahan bakar yang dinilai tidak cukup untuk menunjang HP( horsepower) atau torsi, dan tidak bisa memberikan akselerasi yang memadai, dan kecepatan yang maksimal. serta Mesin mudah panas.

Pada pertengahan bulan oktober 1961 sampai september 1962, akhirnya scenicruiser menggantikan beberapa mesin GM 4-71 yng dahulu digunakan, dengan mesin Detroit 8V-71 ( V8 ) ,1962, para teknisi di GM (  General motor ) dan Greyhound mulai membuat rencana untuk meningkatkan seluruh armada Scenicruiser dengan menambahkan biaya perombakan sebesar $3 million, mengganti engine yg asli dengan single V-8 mesin. dengan sedikit pembaruan. yang dinamakan dengan Repowering the scenicruiser.

selama proses tersebut, 979 bus dari 1001 unit bus scenicruiser dari GM, telah melakukan pengecatan ulang livery, dengan livery skotlite bergaris.  Dari penampilan luar, 

perubahan yang paling terlihat adalah penggantian secara vertikal engsel pintu pada kap mesinbelakang dan diganti dengan pintu besar tunggal yang berengsel di bagian atas.


http://www.curbsideclassic.com

www.bluehoundsandredhounds.info

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment