F Ketika Amerika berlibur ke Mekarsari - Devrysegee

Ketika Amerika berlibur ke Mekarsari

Bus Lawas unik Indonesia ( Ketika "Amerika" berlibur ke Mekarsari 
Ketika "Amerika" berlibur ke Mekarsari
Acara jambore nasional komunitas bismania. acara berkumpulnya member resmi bismania comunity, sebagai komunitas yang mewadahai hobi pecinta bus di Seluruh Indonesia. yaitu komunitas yang terbentuk karena adanya interaksi hubungan antara orang - orang yang memiliki minat yang sama, pada bidang itu sendiri. ya seperti bus ini, yang menjadi moda transportasi aman, hemat dan terjangkau. disini juga ada youtuber, owner PO dan media yang meliput acara ini. 

Komunitas adalah tempat belajar, dari yang belum mengerti menjadi mengerti, dan sekaligus tempat share.

Berhubung saya cuma seorang yang biasa tak punya apa-apa, yang hanya ingin fotoin bis jadul. tak khayal banyak juga yang hanya foto dan memvideokan bis-bisnya saja, sama seperti halnya saya. yang datang dari jakarta hanya untuk melihat koleksi bus-bus langka, jadul yang ikut memeriahkan acara jambore bismania tahun 2017 ini. ( mumpung dekat ) 

Tepat diparkiran Taman Buah Mekarsari, yaitu menjadi lokasi yang tepat Jamnas Bismania tahun ini. karena dari segi parkiran yang dapat memuat 30 - 50 big bus. terlihat bus-bus sudah memenuhi area parkir, bus- bus tersebut mewakili dari daerah kordinator wilayah tertentu, seperti yang tertera di belakang dan depan kaca bus dengan model Luxobuss, dari Restu Ibu, dan semua pasti sudah pada tau, bus pariwisata yg identik dengan warna biru dan segi kemewahannya, ya Big Bird Pariwisata inilah yang mengantarkan bismania korwil Surabaya, dengan selamat ke tujuan acara. 

Big Bird Pariwisata Luxobuss, Restu Ibu Pusaka

Selain itu ada juga bus lawas kotak nyentrik khas tanggerang, yaitu AJA, ya pasti sudah tau AJA ini mengantarkan Korwil Tangerang. ada si kecil meriah, datang dari Jakarta, yaitu Bus Metromini ukuran nanggung medium dibalut dengan sejuta keceriaan, dan ada bus bus lainnya, dari berbagai korwil di Indonesia. 

Bus Lawas unik Indonesia ( Kecerian di Metro Mini )


Bus Lawas unik Indonesia ( Arimbi Jaya Tangerang )


Bus Lawas unik Indonesia ( Kecerian di metro mini )


Di acara jamnas ini juga diselengarakan Perang telolet, yaa.. klakson angin yang mempunyai susunan instrument tangga nada, dan pernah jadi trending topic, sampai orang luar negeri menjadikan inspirasi untuk meremix lagu. 

Perang telolet ini diadakan di area parkir bawah mekarsari, hanya beberapa bus yang mengikuti perang telolet ini, diantaranya Raya  dengan body Legacy, Tami Jaya Legacy SR2, Harapan Jaya Jetbus1, Gunung Harta setra Double glass, Bejeu setra Double glass, Sekawan Trans Zepellin G3 SHD, Haryanto Jetbus1, JR conection Discovery, Medal Jaya, Saztro Holiday dengan Body Travego lawas dan bus lawas sekolah entah apa namanya dengan body Navistar International. 

Terdengar dari masing-masing bus mempunyai suara telolet yang berbeda, menjadi suatu kesatuan suara yang bergemuruh yang dapat menarik perhatian, sehingga semua orang ingin mengabadikan momen indah ini dengan gadget masing masing. cuaca panas yang menyengat tak membuat lelah saya dan semua orang, menyaksikan bus bus ini yang menyerukan teloletnya. acara ini juga dimeriahkan juga dengan aniversary ulang tahun Po ezri, dan Owner Ezri naik kepanggung untuk menjelaskan sedikit cerita tentang Po Ezri, dan dilanjutkan dengan acara musik panggung. 

Satu hal yang membuat penasaran adalah adanya bus dengan warna kuning ber plat D ( Bandung ), yang bisa dibilang menarik perhatian semua orang yang ada disekitar acara dan yang membuat hampir semua orang ingin berselfie ria dengan bus warna kuning ini. bus ini termasuk bus langka yang pernah ada di Indonesia. mungkin bisa dihitung jari populasinya. bus asal Amerika ini, memiliki strutur bodi bonet, dengan moncong mesin depan, yang sama seperti bus tingkat leyland. ya bus ini bermerek Navistar International, bus bertipe c ( conventional ), memang khusus untuk bus sekolah di negara pembuatnya. jika dilihat di internet selalu ada aksesoris "Stop' di dsamping bus, namun versi Indonesia tidak ada "Stop". pada exterior terlihat lekukan khas bus amerika disepanjang bodi samping, hampir semua bus lawas di amerika, memiliki lekuk seperti ini. sama seperti model terkenal prevost, MCI dll. 

Bus Lawas unik Indonesia ( Ketika "Amerika" berlibur ke Mekarsari )


Bus Lawas unik Indonesia ( Ketika "Amerika" berlibur ke Mekarsari )


Pintu penumpang dengan model lipat, yang dikendalikan manual dari dalam kabin. terlihat pintu dibuat lebih tinggi dari bodi, pada bagian belakang bus yang memilki RPM mentok sampai 85 ini, terdapat emergency door yang terletak dibelakang tengah bus. dengan pintu yang cukup lebar untuk leluasa ketika lagi darurat. karena segmen bus ini untuk bus sekolah, pada bagian dalam pun terlihat lebih lapang/luas. dengan konfigurasi seat 2-2. 

Ketika "Amerika" berlibur ke Mekarsari

Begitulah sekiranya saya pensaran dengan bus-bus lawas nan unik ini. mungkin masih banyak lagi bus-bus unik dan langka yang belum terekpose di pelosok luasnya Indonesia tercinta ini.

Bus Lawas unik Indonesia ( Ketika "Amerika" berlibur ke Mekarsari )


Bus Lawas unik Indonesia ( Ketika "Amerika" berlibur ke Mekarsari )


Bus Lawas unik Indonesia ( Ketika "Amerika" berlibur ke Mekarsari )

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment