Sempat terfikir kalo meliat bus scania yang berlalu lalang, begitu prestige dan mewah. siapa yg gak kenal Scania dikalangan orang yang suka dengan kendaraan besar. Sempat terpikir jika saya hanay memfoto saja, percuma, tanpa mengetahui apa dibalik arti, SCANIA K410IB yang terpampang besar di kaca samping bus.. akhinya saya mencari -cari dan browsing.. arti penamaan itu.. apa sih K itu ? 410 itu apanya scania ? Ib itu apa yah ?
itulah yang membuat saya penasaran, dan akhirnya saya menemukan link yang benar-benar cocok.
oh ternyata ini loh, sistem penamaan itu..
yang dimaksud dari K tersebut itu adalah rangkaian chassis untuk mesin bus tipe mesin belakang..
dan baru tahu K series ini ditampilkan perdana di acara busworld 2005di Kortrijk, Belgia.
Ketika Diperkenalkan, K-series tersedia dengan Euro 4-compliant 8.9-liter (8.867 cc) mesin lima silinder (DC9) dengan output 230 hp (1.050 Nm), 270 hp (1.250 Nm) bus 310 hp (1.550 Nm ) serta 11,7 liter (11.705 cc) mesin 6 silinder (DC12) dengan output 340 hp (1.700 Nm), 380 hp (1.900 Nm), 420 hp (2.100 Nm) atau 470 hp (2.200 Nm) blaaa.. blaaaa... blaa. dan sterusnyaa..
pada tahun 2008 , scania merilis performanya untuk mesin euro 5 dan euro 6 pada tahun 2013.
- Kelas Bus
- E: coach ( regular bus ), ( Jarak jauh ), high comfort
- I: intercity ( antar kota/ Negara ), (jarak menengah dan jarak jauh ), normal comfort
- U: Fokus utama pada bus kota, ( jarak pendek, Menengah ), normal comfort,
- Type chassis
- A: Bus gandeng
- B: Bus regular
- D: Bus tingkat
Konfigurasi roda dan contohnya.
- 4x2: two-axle bus
- 6x2: tri-axle bus
- 6x2/2: tri-axle articulated bus
- 6x2*4: tri-axle bus with steered tag axle
- 8x2: quad-axle bus (K IB Bus amerika latin)
- 8x2/2: quad-axle articulated bus (K IA only
- L: low front, normal rear
- M: low front and middle, normal rear (K UA only)
- N: normal front and rear
sumber :
https://web.archive.org/web/20150702102906/http://webapp109.scania.com/y/ytp/documents/e3c72d37-9ca0-46a0-9cf2-a82296811d11_12003_1.pdf
0 comments:
Post a Comment